Cara Mudah Membuat Tempe Organik Dengan Probiotik

Cara Mudah Membuat Tempe Organik Dengan Probiotik

Setelah 2x gagal mau buat tempe organik sendiri…akhirnya berhasil juga dengan mempraktekan resep di bawah ini menggunakan Probiotik gratisan dari Chef Endang Ariyanti  …matur nuwun ya mba…hehe. Buat yang mau mencoba buat sendiri tempe organik silahkan dicoba resep hasil kuliah whatsapp di Grup LDHS ini : 

  • Rendam Kedelai yang telah dicuci, campurkan Probiotik, tutup rapat selama 2 hari dalam keadaan anaerob (tidak ada udara keluar/masuk).
  • Setelah 2 hari atau 48 jam, buang air rendaman, bilas sambil diremas-remas untuk membelah kedelai sekaligus mengupas kulit arinya. Pembalasan 2-3 kali agar air bekas rendaman/probiotik, bersih.
  • Siapkan dandang, untuk pengukusan. Setelah mendidih masukkan kedelai yang sudah dibilas, kukus selama 40 menit.
  • Setelah dikukus, angkat, tiriskan, setelah dingin taburi ragi. Untuk 0,5 kg kedelai, kira-kira sak jumput ragi saja… jumput nya tipis saja…taburkan secara merata.
  • Setelah aduk-aduk hingga rata, bungkus dengan daun.
  • Tunggu hingga 36 jam…dan Tempe buatan sendiri ini siap disantap (diolah menjadi hidangan tanpa dimasak lagi lebih dianjurkan).

NB : – pengenceran Probiotik 20 ml untuk 1 liter air. – Air bekas rendaman bisa dimanfaatkan untuk siram tanaman, berfungsi sebagai pupuk. (by Agustinus Priyanto) 

7 Comments

    1. bisa beli di toko2 organik mba. kebetulan waktu itu saya dapat dari teman. kalau nanti ada info yang ready probiotik saya akan share kan lagi ya mba…tks sudah berkunjung ke blog ini.

      1. Kalau lactoB (lactobacillus) sachet isi kering yg suka diberikan pada balita..apakah seperti ini dapat digunakan?..trims

    1. saya lebih suka pakai bungkus daun pisang karena alami dan tempenya jadi lebih wangi…tapi kalau tidak ada bisa pakai plastik hanya pastikan yang BPA free ya mba… tks buat kunjungannya di blog ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

آپلود عکس